2013-03-07

MANAGEMEN PERJALANAN (ROP) Dan PERALATAN

 PERENCANAAN PERJALAN

Buat kali ini akan membeitahu kalian semua sob , Dan kalau ingin menanjak atau mendaki gunung harus membuat ROP dan bisa disebut juga managemen perrjalanan atau rencana operasi perjalanan ..
 Hal pertaman yang harus dilakukan adalah mencari informasi. Untuk mendapat data-data kita dapat memperoleh dari literatur-literatur yang berupa buku-buku atau artikel-artikel yang butuhkan yang kita butuhkan atau dari orang-orang yang pernah melakukan pendakian pada objek yang kita tuju . dana tidak salah juga meminta informasi dari para penduduk setempat atau siapa saja yang mengerti tentang gambaran medan lokasi yang akan kita daki ..
 jadi untuk kawan yang ingin mendaki jangan segan atau malu untuk menanyakannya yahh .. hehehhe

 Selanjutnya tidak lupa juga untuk membuat ROP ( rencana operasi Perjalanan ) yang undah di sebut diatas tadi sob.Buatlah perencanaan secara detail dan rinci , yang berisi tentang daerah mana yang akan dituju , berapa lama kegiatan berlangsung, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, makanan yang perlu dibawa, perkiraan biaya perjalan, bagaimana mencapai daerah tersebut, serta produser perijinan mendaki daerah tersebut. Dan buatlah ROP secara teliti jangan sampai membuatnya tidak detail dan terinci , karna dalam saat melakukan pendakian pun akan terjadi hal tudak baik , maka dari itu buatlah yang secara detail yah sob, Karna kita pun tak ingin terjadi hal yang tak diinginkan saat melakukan pendakian . dan mulailah rincian waktu sebelum kegiatan dengan sampai kegiatan ,Aturlah pembagian job dengan anggota pendaki yang lain, Dan tentukan kapan waktu makan,kapan waktu istirahat, dan sebagainya .

Intinya dalam perencannan pendakian hendaknya memperhatikan :

  • Mengenali kemampuan diri dalam tim dan menghadapi medan 
  • mempelajari medan yang akan ditempuh
  • pikirkan waktu yang akan ditempuh 
  • periksa segala perlengkapan yang harus dibawa , dan sebagainya .
Keberhasilan mendaki atau suatu kegiatan alam terbuka juga di tentukan oeleh perencanaan perjalanan dan perbekalan yang tepat dan dalam merencanakan perjalanan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :

1. Mengenal jenis medan yang akan di hadapi
2. Menentukan lamanya perjalanan
3. Mengetahui lamanya perjalan 
4. Mengetahui kebatasan kemampuan fisik untuk membawa beban , dan jangan terlalu untuk dipaksakan membawa beban yang terlalu berat , karana bia mengakibatkan fatal dalam diri kita .
5. Memperhatikan hal-hal khusus.

Banyak juga orang atau pendaki lain yang tidak berhasil akan kegiatanya , karan itu sebuah kelalaian atau membuat menejemen perjalanan yang kurang deatil dan rinci ,Dan bisa juga menjadi berantakan atau tidak beraturan saat mendaki , seperti tidak tepat waktu , itulah yang pernah saya alami tapi semua itu akan menjadi suatu pelajaran , dan diakala suatau saat nanti kita akan melakukan kegiatan atau pendakian alangkah baiknya membuat nya secara detail dan terinci ..

 Dan selanjutnya setelah mengetahui hal-hal tersebut, maka kita dapat menyiapkan perlengkapan dan perbekalan yang sesuai dan selengkap mungkin, tetapi beratnya tidak melebihi depertiga badan
 (sekitar 15-20 kg) , walaupun ada yang mempunyai kemampuan mengangkat beban berat , tapi saran saya jangan terlalu memaksakan dan kalau bisa sesuaikan dengan kemampuan anda ,karna semua gunung itu jalurpendakian berbeda- beda dan medan nya pun berbeda , jadi jangan terlalu memakasakan sob.

 Dan mengingat pentingnya penyusunan perlengkapan dalam suatu perjalan maka sebelummemulai kegiatan , sebaiknya di buat chek-list terlebih dahulu.Perlengkapan di kelompokan menurut jenisnya, lalu diperksa kembali nama yang perlu dibawa atu tidak.
 Dan apabila perjalanan kita berkelompok ,maka chek-list untuk perlengkapan regu pribadi . Dalam perjalanan besar danmemerlukan waktu yang lama , kita perlu menentukan perlengkapan dan perbekalan mana saja yang dibawa dari rumah atau titik keberangkatan, dan perlengkapan atu perbekalan mana saja yang di beli di lokasi terdekat dengan tujuan pejalanan kita. Yang tidak kalah pentingnya adalah anda akan mendapatkan point-point bagi kulkasi biaya yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan tersebut .

 Mungkin ini yang saya bisa beritahukan kepada kawan-kawan , untuk manajemen perjalanan , dan mungkin selagi ingin melakukan kegiatan jangan lupakan dari hal-hal yang terpentingnya , untukmencapai sebuah keberhasilan ..   SALAM LESATARI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar